Ehealth
(juga ditulis e-health) adalah istilah yang relatif baru untuk latihan
kesehatan yang didukung oleh proses elektronik dan komunikasi, dating kembali
ke setidaknya 1999. Penggunaan istilah ini bervariasi: beberapa akan
berpendapat itu dipertukarkan dengan informasi kesehatan dengan Definisi yang luas mencakup
elektronik / proses digital di bidang kesehatan, sedangkan yang lain
menggunakannya dalam arti sempit praktik kesehatan menggunakan internet.
MANFAAT
:
e-Health ini diharapkan dapat
meningkatkan berbagai aspek kesehatan (kualitas, efisiensi biaya, akses) oleh:
1) Mendukung
pemberian pelayanan yang disesuaikan dengan pasien individu, di mana TIK
memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan data bukti dan
pasien-spesifik;
2) Meningkatkan
transparansi dan akuntabilitas proses perawatan dan memfasilitasi perawatan
bersama melintasi batas;
3) Membantu
praktik berbasis bukti dan pengurangan kesalahan;
4) Meningkatkan
akurasi diagnostik dan kesesuaian pengobatan;
5) Meningkatkan
akses terhadap kesehatan yang efektif dengan mengurangi hambatan yang
diciptakan, misalnya, dengan lokasi fisik atau kecacatan;
6) Memfasilitasi
pemberdayaan pasien untuk perawatan diri dan pengambilan keputusan kesehatan;
7) Meningkatkan
efisiensi biaya melalui penyederhanaan proses, mengurangi waktu menunggu dan
limbah.
BENTUK E-HEALTH:
Istilah ini dapat mencakup berbagai layanan
atau sistem yang berada di tepi obat / kesehatan dan informasi teknologi,
termasuk:
1)
Elektronik
kesehatan catatan : memungkinkan komunikasi
data pasien antara profesional kesehatan yang berbeda (dokter, spesialis dll);
3)
Konsumen kesehatan informatika :
pemanfaatan sumber daya elektronik pada topik medis oleh individu yang sehat
atau pasien;
4)
Kesehatan manajemen pengetahuan : misalnya
dalam sebuah gambaran jurnal medis terbaru, pedoman praktek terbaik atau
pelacakan epidemiologi (contoh termasuk sumber daya dokter seperti Medscape
dan MDLinx );
5)
Virtual tim kesehatan:
terdiri dari profesional kesehatan yang berkolaborasi dan berbagi informasi
mengenai pasien melalui peralatan digital (untuk perawatan transmural );
6)
mHealth
atau m-Kesehatan : mencakup penggunaan
perangkat bergerak dalam pengumpulan data dan tingkat kesehatan pasien agregat,
memberikan informasi kesehatan untuk praktisi, peneliti, dan pasien,-time
monitoring nyata tanda-tanda vital pasien, dan penyediaan pelayanan langsung
(melalui telemedicine mobile) ;
7)
Penelitian medis
menggunakan Grids :
komputasi yang kuat dan manajemen data kemampuan untuk menangani data dalam
jumlah besar heterogen.
8)
Sistem
Informasi Kesehatan : juga sering merujuk ke
solusi perangkat lunak untuk penjadwalan pengangkatan, pasien pengelolaan data,
pengelolaan jadwal kerja dan tugas-tugas administrasi lainnya sekitarnya
kesehatan.
ARSITEKTUR APLIKASI E-HEALTH
Gambar berikut ini adalah arsitektur jaringan eHealth,
Gambar berikut ini adalah arsitektur jaringan eHealth,
dimana arsitektur jaringan eHealth terdiri dari 3 lapis
yaitu :
• EIS Tier yang merupakan repository data (EMR),
• Middle Tier yang terdiri Application Server dan Web Server. Pada middle tier ini, eHealth menggunakan Enterprise Application Integrator.
• Client Tier, merupakan lapisan yang berhubungan langsung dengan user.
Dalam dunia
kesehatan, broadband bukanlah suatu obat mujarab. Namun, broadband sebagai
infrastruktur penyedia koneksi data berkecepatan tinggi bila digabung,
dikembangkan dan dikemas bersama elemen lainnya seperti teknologi informasi serta
teknologi robotik canggih maka menjadi satu kesatuan yang biasanya disebut e-health.
E-health adalah solusi penting dalam meningkatkan layanan kesehatan
sekaligus dapat menghemat biaya serta memperluas jangkauan layanan kesehatan.
Selain itu, inovasi dalam dunia kesehatan melalu e-health dapat
menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan daya saing global suatu
negara.
Berikut di
bawah adalah 10 applikasi broadband dalam dunia kesehatan yang selain dapat
meningkatkan kualitas layanan kesehatan juga dapat menekan biaya yang
dibutuhkan:
1.
Telesurgery – Juga disebut Remote
Surgery memungkinkan para dokter untuk melakukan proses pengamatan,
konsultasi bahkan bedah pada pasien tanpa mereka harus secara fisik berada di
lokasi yang sama. Telesurgery memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan jasa
layanan dokter bedah terampil terbaik dari mana saja, bahkan dari seluruh
dunia. Sang pasien hanya butuh melakukan perjalanan ke rumah sakit setempat
saja.
Di bulan
September tahun 2001 para ilmuwan dan dokter ahli bedah Perancis di Strasbourg
dan Amerika di New York yang berjarak sekitar 6.230 km berhasil melakukan bedah pengangkatan empedu seorang
wanita berusia 68 tahun dengan menggunakan remote control.
2.
Teleradiology – Kebutuhan ahli radiologist
semakin hari semakin meningkat, apalagi untuk daerah terpencil. Teleradiology
memungkinkan hasil MRI, CAT scan, dan X-ray untuk diperiksa oleh pakar dari
seluruh dunia selama 24 jam sehari. Hasil tes ini terdiri dari serangkaian
gambar dengan resolusi tinggi yang menunjukkan apa yang terjadi dalam tubuh
pasien dan membutuhkan jaringan Internet kecepatan tinggi dan aman untuk
transfer gambar.
Salah satu
cerita sukses applikasi teleradiology adalah selama operasi ARCHER
yang dimulai pada bulan Juli 2005 dimana pemerintah Kanada berkomitmen dalam menyediakan layanan kesehatan termasuk radiology
bagi seluruh anggota koalisi yang terlibat dalam misi pembebasan Afghanistan.
3.
Remote Examinations – Apakah di fasilitas
medis, di rumah, di luar atau dimana saja, melalui broadband dokter dapat
memeriksa pasien di mana saja melalui konferensi video dan dibanu oleh alat
diagnostik terpadu. Dengan cara ini dokter dapat memeriksa pasien segera
setelah cedera terjadi. Psikolog dapat melakukan pemeriksaan psikologis pada
narapidana penjara tanpa harus memindahkan mereka dari sel, dan banyak lagi
applikasi lainnya. Semua ini menggunakan broadband untuk memberdayakan
komunikasi dua arah menggunakan konferensi video berkualitas tinggi.
Contoh cerita
sukses applikasi remote examinations pertama kali diluncurkan di Kanada adalah
pada tahun 2006 dimana seorang pasien yang bertempat tinggal di
Cochrane, Ontario harus menjalani rawat jalan intensif sebanyak 1 atau 2 kali
seminggu ke Toronto yang berjarak kurang lebih 1.400 km (pulang pergi) untuk
penyakit leukimia yang dideritanya setelah menjalani operasi bone
marrow (sumsum tulang belakang). Remote examination memanfaatkan jaringan
kecepatan tinggi konferensi video dua arah dengan menggunakan peralatan seperti
digital stethoscope dan kamera hand-held sebagai media
interaksi antara pasien dengan dokter ahli dari jarak jauh.
4.
Patient Monitoring – Broadband juga dapat
dimanfaatkan untuk mengawasi pasien sakit tanpa harus secara fisik berada di
sisi mereka setiap saat. Robot dapat memonitor pasien yang menjalani perawatan
intensif (ICU), fasilitas panti jompo dan asuhan kini dapat saling berbagi
personil yang senantiasa siaga 24 jam dalam melakuan pengawasan dan selain
lebih efektif juga lebih efisisen dalam penghematan biaya, serta pasien yang
tidak dapat turun ranjang juga dapat dimonitor sepanjang waktu. Semua ini hanya
dimungkinkan dengan adanya broadband kecepatan tinggi dan tersebar.
Beberapa cerita
sukses yang telah diimplementasikan oleh pemerintah Kanada adalah telehomecare/ telemedicine dimana penduduk di daerah terpencil
dapat menikmati peningkatan dalam akses maupun kualitas layanan kesehatan.
5.
Patient/ Family Communication – Sebelumnya,
pasien sakit yang berada di rumah sakit (atau di rumah) hanya dapat saling
berhubungan dengan sanak keluarga maupun teman yang tinggal jauh melalui
telepon, dan televisi untuk tetap mengikuti perkembangan di dunia luar.
Sekarang, dengan memanfaatkan broadband, tidak saja mereka memiliki akses cepat
ke berita dunia, mereka juga dapat berkomunikasi tatap muka dengan orang yang
dicintai melalui konferensi video.
6.
EMRs (Electronic Medical Records) – Dengan
menggantikan catatan medis pasien yang masih berbasis kertas (cara tradisional)
dengan catatan elektronik memungkinkan dokter untuk selalu memiliki akses ke
semua data medis pasien mereka, termasuk sejarah perawatan, hasil lab, jenis
alergi yang diderita, dan banyak lagi. Kini tidak ada lagi istilah menunggu
karena catatan kertas, hasil scan, dan lainnya masih harus dikirim melalui pos
atau fax. Tidak ada lagi informasi atau halaman yang hilang atau rusak.
EMR juga mencakup fitur-fitur canggih seperti cek otomatis interaksi obat untuk
memastikan dokter yang berbeda tidak memberikan resep obat yang saling
bertentangan.
7.
Personal Health Records – Atau catatan pribadi
kesehatan adalah bagian dari EMRs. Catatan yang berupa informasi medis,
termasuk status, hasil pemeriksaan, diagnosis maupun tes paling akhir dapat
diakses pasien dari mana saja. Catatan kesehatan pribadi juga mencakup beberapa
fitur tambahan seperti catatan rasa sakit, diet makanan, gejala, pustaka
informasi medis yang relevan, rekomendasi latihan, dan banyak lagi. Semua data
pasien dapat diakses oleh dokter mereka dalam membantu mendapatkan diagnosis
yang lebih tepat.
8.
Video Translator Network – Adalah jaringan
jasa penerjemah yang saat ini sebagian besar masih terbatas pada penggunaan
telepon, tetapi dengan tersedianya layanan broadband maka konferensi video dua
arah kualitas tinggi dapat meningkatkan serta membantu komunikasi pasien di
ruang gawat darurat khususnya dan di rumah sakit pada umumnya. Dengan
memanfaatkan broadband, pasien, dokter, dan penerjemah dapat bertemu secara
bersamaan sehingga memungkinkan komunikasi yang lebih baik antara
orang-orang yang berbicara bahasa yang berbeda.
9.
Doctor Social Networks – Seperti halnya
Facebook, Twitter, dan jaringan sosial lainnya, jaringan sosial khusus untuk
para dokter dapat menghubungkan mereka dengan rekan-rekan dokter lainnya di
seluruh dunia dan dapat membantu para dokter agar tetap up-to-date
dengan kemajuan medis dan teknik terbaru dalam dunia medis. Teknologi jaringan
sosial yang sama juga dapat digunakan untuk menyatukan perawat, petugas rumah
sakit, dan profesional medis lainnya. Berikut beberapa contoh jaringan sosial khusus untuk para dokter.
10.
Patient Social Networks – Jaringan sosial
pasien juga ada dalam bentuk kelompok/ group di mana orang yang menderita
penyakit yang sama bisa merasakan kebersamaan, saling berbagi cerita, dan
saling mendukung. Broadband memungkinkan kelompok-kelompok pasien sesama
penderita saling mendukung secara online. Teknologi jaringan sosial mampu
memberi pasien akses ke lebih banyak sesama penderita, dipakai sebagai media
untuk berbagi cerita dan belajar dari yang lain, dan yang paling penting adalah
kemampuan sang pasien untuk berpartisipasi dalam kelompok tersebut bahkan jika
mereka tidak mampu secara fisik bergerak dari kamar mereka. Dalam hal ini,
broadband telah membantu pasien merasa lebih didukung, percaya diri dan
bersemangat untuk sembuh dan hal ini dengan sendirinya memperkuat kondisi
mental mereka dan sering sembuh lebih cepat.
Broadband dalam
dunia kesehatan merupakan solusi tepat dalam mengatasi hambatan geografis,
kurangnya infrastruktur transportasi, dan kesenjangan sosial ekonomi. Teknologi
e-health/ telehealth/ telecare memungkinkan konsultasi perawatan
klinis, pendidikan yang berkesinambungan bagi para profesional medis dan
peningkatan manajemen pelayanan kesehatan di manapun mereka berada. Secara
keseluruhan, teknologi ini memungkinkan suatu bangsa meninggalkan warisan sehat
baik dalam peningkatan mutu layanan, akses, produktivitas dan keamanan dalam
pemberian layanan kesehatan bagi seluruh rakyatnya di manapun mereka berada.
SUMBER :
http://en.wikipedia.org/wiki/Remote_surgeryhttp://www.switched.com/2009/04/09/worlds-first-3-d-hdtv-remote-surgery-system-allows-fantastic-pr/
http://www.broadband.gov/plan/10-healthcare/
http://www.alcatel-lucent.com/enrich/v1i22007/article_c2a1.html
http://karebostyle.blogspot.com/2012/04/e-health-dan-e-mental-health.html
TELEMEDICINE
Telemedicine merupakan suatu layanan kesehatan antara dokter atau
praktisi kesehatan dengan pasien jarak jauh guna mengirimkan data medik
pasien menggunakan komunikasi audio visual mengunakan infrastruktur
telekomunikasi yang sudah ada misalnya menggunakan internet,satelit dan
lain sebagainya.
Dari gambar diatas dapat dijelaskan lebih mendalam mengenai apa itu
telemedicine. Komponen penyusun teknologi telemedicine adalah pasien,
dokter, internet dan praktisi kesehatan. Pasien memiliki jarak yang jauh
dengan dokter. Apabila pasien ingin memeriksa kesehatan mereka tidak
perlu berangkat ke tempat dokter, ini untuk penyakit yang kecil dan
menengah dan untuk perawatan jalan. Untuk pasien dengan sakit parah dan
perlu rawat inap hal ini sulit diterapkan,tetapi masih dalam tahap
pengujian. Misal untuk pasien sakit jantung,kanker dan lain-lain.
stilah “telemedicine” mungkin masih terasa
asing ditelinga kita. ini merupakan sebuah perkembangan dari bidang
kesehatan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
“Telemedicine adalah layanan kesehatan yang dilakukan dari jarak jauh. cakupan telemedicine cukup luas, meliputi penyediaan pelayanan kesehatan (termasuk klinis, pendidikan dan pelayanan administrasi) jarak jauh, melalui transfer informasi (audio, video, grafik), dengan menggunakan perangkat-perangkat telekomunikasi (audio-video interaktif dua arah, komputer, dan telemtri) dengan melibatkan dokter, pasien dan pihak-pihak lain"
Antara pasien dengan praktisi kesehatan harus memiliki jaringan internet yang terhubung secara global. Sehingga pasien bisa menggunakan telemedicine. Telemedicine sendiri memiliki banyak layanan. Antara lain :
- Telekonsultasi : konsultasi jarak jauh antara pasien dengan praktisi kesehatan mengenai perawatan atau sakit yang dialami pasian.
- Teleedukasi : merupakan layanan kesehatan yang bersisi mengenai informasi pendidikan yang menunjang untuk kesehatan pasien. Misal edukasi mengenai informasi obat-obatan berbahaya.
- Telekardiologi : merupakan pelayanan kesehatan jarak jauh untuk penderita sakit jantung.
- Teleradiologi
- Telepatologi
- Teleradiologi dan lain-lain.
mengapa telemedicine diperlukan? beberapa sumber menyebutkan manfaat dari telemedicine itu sendiri yaitu:
- Pasien Peningkatan Reach - Memberikan perawatan kepada pasien yang sulit untuk mencapai tempat termasuk daerah terpencil, penjara, dan wilayah metropolitan besar yang memiliki kekurangan atau kebutuhan spesialis untuk konsultasi tambahan.
- Akses tepat waktu - Dalam kesehatan, waktu sangat penting. Emergeny perawatan dapat diberikan secara real-time dan on demand, tanpa mentransfer pasien, ketika waktu adalah esensi.
- Mengurangi Biaya dan Beban - Memberikan perawatan berkualitas lebih efektif biaya dengan mengurangi transfer mahal dan perjalanan dan menurunkan beban pasien dan keluarga.
Manfaat telemedicine mencakup kedalam 3 aspek yang saling terkait
satu sama lain yaitu pasien, dokter dan rumah sakit. Manfaat langsung
bagi pasien adalah:
- Mempercepat akses pasien ke pusat-pusat rujukan.
- Mudah mendapatkan pertolongan sambil menunggu pertolongan langsung dari dokter-dokter pribadi.
- Pasien merasakan tetap dekat dengan rumah dimana keluarga dan sahabat dapat memberikan dukungan langsung.
- Menurunkan stres mental atau ketegangan yang dirasakan di tempat kerja.
- Menseleksi antara pasien-pasien yang perlu dibawa ke rumah sakit dan pasien yang tidak perlu perawatan di rumah sakit akan tetap tinggal di rumah.
Telemedicine di Indonesia sudah berkembang cukup signifikan. Di
Indonesia sudah meluai menggunakan telemedicine sejak tahun 90an. Pada
era tersebut masih menggunakan teknologi telepon standar. Di era
sekarang telemedicine sudah berkembang lebih pesat, misalnya di Surabaya
antar puskesmas di seluruh Surabaya sudah saling terhubung dengan
tekologi internet dan sudah terhubungsatu dengan yang lain, selain itu
puskesmas juga sudah terhubung dengan pusat kesehatan kota. Tetapi
bandwidth di Indonesia masih kurang untuk dilakukan teleconference antar
pasien dengan praktisi kesehatan. Tetapi hal ini memungkinkan apabila
antar puskesmas dengan pusat kesehatan kota memiliki akses internet
sendiri tidak menggunakan layanan public internet.
Cangkupan layanan telemedicine meliputi :
- Skala Mikro
Dilaksanakan oleh salah satu intansi layanan kesehatan dalam skala terbatas
- Skala Makro
Aplikasi Sektoral
Terbatas untuk satu subdisiplin ilmu kedokteran/ bidang layanan kesehatan
Aplikasi Regional
Mencakup keseluruhan bidang layanan kesehatan terbatas pada wilayah tertentu dalam satu negara
Aplikasi Nasional
Mencakup seluruh bidang layanan kesehatan di seluruh wilayah suatu negara.
Manfaat telemedicine mencakup kedalam 3 aspek yang saling terkait satu sama lain yaitu pasien, dokter dan rumah sakit. Manfaat langsung bagi pasien adalah:
- Mempercepat akses pasien ke pusat-pusat rujukan.
- Mudah mendapatkan pertolongan sambil menunggu pertolongan langsung dari dokter-dokter pribadi.
- Pasien merasakan tetap dekat dengan rumah dimana keluarga dan sahabat dapat memberikan dukungan langsung.
- Menurunkan stres mental atau ketegangan yang dirasakan di tempat kerja.
- Menseleksi antara pasien-pasien yang perlu dibawa ke rumah sakit dan pasien yang tidak perlu perawatan di rumah sakit akan tetap tinggal di rumah.
Aplikasi Telemedicine di Indonesia
Instalansi Sistem
- Biaya instalansi
- Teknologi perangkat lunak
- Teknologi perangkat keras
Inkorporasi Kedalam Praktek Kedokteran di Indonesia
- Tenaga kesehatan dengan keterampilan layanan kesehatan jarak jauh
- Penerimaan komunitas kesehatan dan non kesehatan
- Aspek etika, legalitas, dan reumbersment.
Pemeliharaan Sistem
- Biaya pemeliharaan
- Efektivitas biaya secara komersial
- Pengawasan kualitas layanan
- Penyesuaian dengan perkembangan teknologi informasi dan ilmu kedokteran.
SUMBER:
http://riyadi2405.wordpress.com/2010/11/11/telemedicine/
http://www.news-medical.net/health/What-is-Teleradiology-%28Indonesian%29.aspx
http://id.wikipedia.org/wiki/Telemedis
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussaya kurang paham dengan video translator network, dapatkah anda menjelaskannya dan apa saja contoh dari aplikasi tersebut
BalasHapusMerkur 37C Safety Razor Review – Merkur 37C
BalasHapusThe Merkur 37c is an filmfileeurope.com excellent short https://deccasino.com/review/merit-casino/ handled DE safety razor. ventureberg.com/ It is more suitable for both heavy and non-slip hands and is therefore a great option for experienced casinosites.one