CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DAN MAILMERGE
1. CARA MEMBUAT DAFTAR ISI
Lembar daftar isi biasanya akan selalu ada dalam sebuah laporan,
skripsi, proposal, buku, atau naskah tertentu yang mempunyai banyak bab
dan halaman. Tujuan dari daftar isi itu sendiri adalah untuk
mempermudah seseorang mencari topic atau bab tertentu dalam buku atau
skripsi dan sejenisnya tersebut. Dengan adanya daftar isi tersebut
seseorang akan lebih mudah menggambarkan isi dari karangan, atau buku
dll. Lembar daftar isi biasanya berada pada bagian halaman awal.
Nah dalam pembuatan daftar isi itu sendiri jika ditampilkan dengan rapi dan menarik, juga akan mempermudah orang untuk membaca dan mengetahui halaman yang sedang dicarinya. Berikut ini adalah salah satu cara untuk membuat atau mengatur lembar daftar isi menjadi lebih rapi dan enak dipandang.
Sebelum melangkah, kita asumsikan bahwa ukuran kertas yang dipergunakan adalah A4 dengan lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm. Batas margin kiri 4 cm sedang margin kanan 3 cm.
Nah dalam pembuatan daftar isi itu sendiri jika ditampilkan dengan rapi dan menarik, juga akan mempermudah orang untuk membaca dan mengetahui halaman yang sedang dicarinya. Berikut ini adalah salah satu cara untuk membuat atau mengatur lembar daftar isi menjadi lebih rapi dan enak dipandang.
Sebelum melangkah, kita asumsikan bahwa ukuran kertas yang dipergunakan adalah A4 dengan lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm. Batas margin kiri 4 cm sedang margin kanan 3 cm.
- Ketikkan terlebih dahulu tulisan daftar isi nya sampai selesai
- Blok atau seleksi teks yang akan diberi nomor halamannya.
- Tekan tombol Alt+P+P+G untuk membuka jendela paragraph.
- Atau klik tanda panah kecil di group menu paragraph pada ribbon Page Layout
5. Setelah muncul jendela paragraph, klik tombol Tabs yang berada dibawah
6. Muncul jendela tabs, pada tab stop position isikan 14 cm, Alignment pilih Right dan Leader pilih None klik Set Nilai 14 cm merupakan lembar kerja yang dapat diketik. Lebar kertas – jumlah margin kiri dan kanan. ( 21 – (4+3)) = 14.
- sikan kembali pada tab stop position 13 cm, Alignment pilih Left, Leader pilih 2 dan klik OK
Angka 13 cm merupakan panjang titik-titik dari batas margin kiri - Langkah terakhir arahkan kursor pada akhir setiap teks, kemudian tekan tombol Tab dua kali dan berilah nomor halamannya.
Hasilnya daftar isi anda akan menjadi lebih rapi dan juga mudah membuatnya
SUMBER:
http://myencription.blogspot.com/
2. CARA MEMBUAT MAILMERGE
Untuk membuat mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya :
- Buat dokumen terlebih dahulu (bisa berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang lain)
- Klik ribbon Mailings kemudian klik Start Mail Merge, pilih Step by Step Mail Merge Wizard
- Akan muncul panel Mail Merge disebelah kanan jendela Word anda.
- Pada Select document type pilih Letters kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan.
- Pilih Use the current document kemudian klik Next
- Pada pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type a new list kemudian klik Create.
- Akan muncul jendela New Address list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.
- Klik Customize columns
- Pilih filed name kemudian klik tombol delete, sampai semua nama kolom terhapus.
- Untuk membuat field name baru klik Add kemudian beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)
- Tambahkan beberapa filed sesuai dengan kebutuhan anda.
- Jika dirasa sudah cukup klik OK
- Muncul jendela New address list. Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK
- Untuk menghapus entry klik pada entry yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru klik pada new entry.
- Simpan pada folder dimana tempat dokumen tersimpan kemudian klik Save.
- muncul daftar list yang sudah siap untuk dimasukkan. Untuk
memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang ada, atau bisa anda
pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan menghilangkan
tanda centang pada list tersebut.
- Klik Next : Write your letter untuk melajutkan
- Sampai disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan.
- Pada pilihan write your letter, pilih More item
- Pada jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert
- Ulangi langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.
- kemudian klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.
- Jika ada yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk complete the merger.
- Terdapat dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan Edit individual letters.
Jika anda pilih merger print, maka data merger akan langsung dicetak
melalui printer. Jika dipilih Edit individual letters maka data akan
ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Silahkan pilih
sesuai kebutuhan.
SUMBER:
http://201032117riyanti.blog.esaunggul.ac.id/2012/03/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar